Brainstorming Tata Kelola TI

Penggunaan Teknologi Informasi dalam menjalankan kegiatan bisnis sudah tidak dapat dipisahkan lagi, sehingga hal ini menjadi sangat penting untuk melakukan pengelolaan yang baik terhadap Teknologi Informasi yang perusahaan miliki. Sudah menjadi rahasia umum, bahwasanya investasi Teknologi Informasi memakan banyak biaya, membuat para stakeholder berpikir berulang kali sebelum melakukan proses investasi. Investasi yang besar tentunya harus memberikan dampak yang besar juga bagi perkembangan perusahaan kedepan dalam mendapatakan keunggulan kompetitif (competitive advantage).

Oleh karena biaya investasi yang dikeluarkan jumlahnya akan sangat besar, maka perlu kehati-hatian sebelum perusahaan membeli perangkat-perangkat bantu Teknologi Informasi untuk mendukung kegiatan bisnisnya. Sehingga harus terjadi keselarasan antara Teknologi Informasi dengan kegiatan bisnis (alignment IT and Bussines).

Agar IT dan Bisnis selaras ada sebuah model yang bisa digunakan untuk membantu proses penyelarasan tersebut, yakni dengan menggunakan model dari Ward and Peppard. Ranah dari kegiatan ini berada pada tataran Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi yang mempunyai tujuan untuk menentukan portofolio aplikasi masa mendatang pada sebuah perusahaan.

Tidak cukup pada fase menentukan aplikasi apa saja yang akan dikembangkan saja, namun perlu adanya upaya bagaimana caranya agar aplikasi yang akan diterapkan pada perusahaan tersebut, benar-benar dapat memberikan kepastian keuntungan bagi perusahaan. Hal ini akan berkaitan dengan kegiatan pengelolaan TI yang lebih lanjut lagi, salah satunya adalah bagaimana caranya membuat strategi layanan-layanan TI yang mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan. Salah satu best practice yang banyak digunakan untuk melakukan pengelolaan layanan TI (IT-Service Management) adalah dengan menggunakan ITIL (IT-Infrastructure Library). ITIL memberikan panduan yang komprehensif mengenai bagaimana melakukan pengelolaan layanan TI pada sebuah perusahaan. Adapun beberapa fase yang dilakuan pada ITIL adalah proses Service Strategy, Service Design, Service Transition, Service Operation, Continual Service Improvement.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: