Keterkaitan antar bidang MK konsentrasi Pemrograman

Proses belajar yang menyenangkan tentunya menjadi dambaan dari setiap pembelajar, namun hanya sedikit yang berkesempatan mendapatkan proses belajar yang benar, hal ini bisa jadi dikarenakan  para pembelajar tidak berjumpa dengan lingkungan  yang benar, lebih jauh lagi dikarenakan faktor- X lainnya.

Sedikit kita membahas mengenai faktor -X ini, anda mungkin pernah menjumpai seorang anak dari keluarga pengusaha yang kaya raya, mengalami kendala dalam proses belajar mengajar. Kira-kira apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi? Namun dilain sisi ada juga seorang anak yang berasal dari keluarga miskin, tapi begitu mudah dalam menyerap materi pembelajaran dikelasnya. Mengapa hal ini dapat terjadi? Ini adalah pertanyaan yang perlu anda cari tahu jawabannya sendiri.

Kembali ke pokok bahasan kita, terkait mengenai hubungan atau keterkaitan antara mata kuliah yang satu dengan yang lain dalam bidang pemrograman akan menjadi sangat penting untuk dipahami. Pemahaman ini akan memudahkan calon programer dalam meniti karirnya dibidang pemrograman, karena tidak sedikit dari mahasiswa yang sudah berada di tempat  yang benar (jurusan teknologi informasi) namun masih banyak yang bingung dengan bidang yang sedang mereka ambil . Untuk itu dibuat sebuah artikel yang harapannya dapat membantu para pembelajar dibidang pemrograman untuk lebih cepat dalam mengembangkan bakat pemrogramannya.

Berikut ini adalah nama mata kuliah yang memiliki keterkaitan yang sangat erat dalam bidang pemrograman. Penulisan nama mata kuliah sudah diurutkan berdasarkan point terpenting mana yang harus terlebih dahulu dipahami sebelum menuju fase selanjutnya. Namun berdasarkan pengalaman programer yang belajar secara otodidak mungkin tidak melaui tahapan-tahapan ini secara berurutan. Tetapi seharunya anda juga tahu, berapa lama waktu yang mereka butuhkan untuk menjadi seorang programmer dibandingkan dengan anda mengikuti proses secara berurutan. Berikut adalah susunannya:

  1. Logika Pemrograman
  2. Algoritma Pemrograman
  3. Pengenalan Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek (VB.Net, Java, C# )
  4. Basis Data
  5. Software Engineering (Planning, Analysis, Design, Development, Integration and Testing, Implementation, Maintenance)
  6. Manajemen Proyek ( Initiating, Planning, Executing, Monitoring and Controling, Closing and 9 Knowledge Area of PM)

Ke-6 mata kuliah inilah sebenarnya yang menjadi inti dari seorang calon programmer yang harus mereka kuasai. Pada seri artikel berikutnya akan kita bahas penjelasan mengenai materi apa saja yang dibahas dalam setiap mata kuliah dan keterkaitan antara mata kuliah tersebut.

berikutnya –>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: