IT Infrastructure Library (ITIL) (bagian 2)

Hal-hal apa saja yang menjadi harapan customer terhadap layanan IT? Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi harapan customer terhadap pemanfaatan IT:

  • —Services are available when THEY need them
  • —Value for money
  • —Services are Business Aligned
  • —Their expectations are better managed
  • —To be kept informed
  • —Confidence in IT’s ability to deliver
  • —A single point of contact & communication

Kemudian apa yang menjadi harapan bagi seorang Manager IT?

  • —To deliver a professional, stable & consistently improved service to the business
  • —To demonstrate accountability & value for money
  • —To build a flexible & scalable service department they & their team are proud of

ITIL

 

Gambar 2. ITIL Framework Overview

—ITIL digunakan sebagai panduan dalam mengelola sekumpulan layanan TI (IT Service Management-Tata Kelola Layanan TI) yang berupa sebuah life-cycle (daur hidup layanan TI). Jadi output dari penggunaan panduan ITIL ini berupa IT Service Management (ITSM). Siklus layanan TI dari ITIL terlihat pada gambar 2 berikut ini.

Fase ITIL

Gambar 2. Siklus Pengelolaan Layanan TI

Adapun 5 siklus pelayanan TIyang dimaksud adalah:

  1. Service Strategy
  2. Service Design
  3. Service Transition
  4. Service Operation
  5. Continual Service Improvement

A. Service Strategy :

  • —Service Strategy memberikan panduan kepada pengimplementasi ITSM pada bagaimana memandang konsep ITSM bukan hanya sebagai sebuah kemampuan organisasi (dalam memberikan, mengelola serta mengoperasikan layanan TI), tapi juga sebagai sebuah aset strategis perusahaan.
  • —Panduan ini disajikan dalam bentuk prinsip-prinsip dasar dari konsep ITSM, acuan-acuan serta proses-proses inti yang beroperasi di keseluruhan tahapan ITIL Service Lifecycle.
  • —Topik-topik yang dibahas dalam tahapan lifecycle ini mencakup pembentukan pasar untuk menjual layanan, tipe-tipe dan karakteristik penyedia layanan internal maupun eksternal, aset-aset layanan, konsep portofolio layanan serta strategi implementasi keseluruhan ITIL Service Lifecycle.

bersambung >>>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: