IT Infrastructure Library (ITIL) (bagian 1)

IT Infrastructure Library (ITIL)  merupakan sebuah best practice bukan merupakan sebuah standard. Arti dari best practice yang dimaksud disini adalah bahwasanya ITIL sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dan berhasil dalam mengimplementasikan IT Governance.

Tujuan utama dari penerapan ITIL ini adalah berbicara mengenai bagaimana caranya membuat strategi layanan TI kepada customer yang dapat membuat customer senang, namun disisi lain perusahaan juga diuntungkan dengan tingkat kesenangan yang dirasakan customer.  Contohnya adalah:

1. Penerapan ATM. Kemudahan dalam mengambil uang, tanpa harus ke bank, tanpa peduli bank lagi libur atau tidak tentunya merupakan harapan dari pihak nasabah, yang diakomodir oleh Perbankan. Dengan kemudahaan yang didapat tentunya nasabah merasa puas akan layanan yang diberikan, namun disisi lain, penerapan ATM memiliki tujuan khusus selain memenuhi kebutuhan nasabah, yakni peningkatan jumlah nasabahnya.

2. Masih berkaitan dengan penggunaan ATM, sebagai kelanjutan dari bentuk penggunaan ATM, untuk memenuhi harapan dari nasabah, yang hanya sekedar ingin mengecek atau melihat jumlah saldo yang ada di tabungan, supaya tidak harus pergi ke ATM bila cuaca hujan atau terlalu panas, maka usaha yang dilakukan oleh pihak perbankan adalah menyediakan fasilitas e-banking. Tentunya lagi-lagi kemudahan yang diberikan kepada nasabah ini akan berdampak baik pada pencapaian tujuan dari pihak perbankan. Apa dampak baiknya? Tentunya bank yang mampu memberikan kemudahan-kemudahan seperti ini akan diminati oleh banyak calon nasabah, karena kemudahan-kemudahan yang didapatkan oleh nasabah.

3. Lantas bagaimana dengan provider telekomunikasi? Ada banyak contoh penerapan ITIL didalam kegiatan bisnis pernyedia jasa komunikasi. Ada mungkin bisa menyebutkan banyak hal. Jadi tidak perlu lagi saya uraikan🙂

bersambung >>>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: