Renungan Tentang GURU

GURU
Barangkali sudah teramat sulit menemukan Guru saat ini. Guru berbeda dengan pengajar atau dosen. Guru berasal dari bahasa sanskrit dan memiliki makna spiritual mendalam. Kata Guru memiliki dua silaba Gu dan Ru. ‘Gu’ menyatakakan kegelapan, suatu kondisi pengabaian spiritual, seperti umumnya manusia. ‘Ru’ merepresentasikan cahaya pengetahuan spiritual yang menjauhkan kegelapan. Jadi peran Guru adalah membawa muridnya dari kegelapan menuju cahaya, ‘…minadz dzulumati ‘ilan nurr …’ [Quran:65:11].
Dalam khazanah tasawuf, Guru setara dengan mursyid. Seseorang yang sungguh-sungguh membimbing. Seorang Guru adalah pelaku dan peristiwa atas apa yang diajarkannya. Yang terus mendampingi muridnya sampai mahir dan mampu mengarungi samudra kehidupan. Mursyid tidak mendidik muridnya dengan kata-kata, tetap mendidiknya dengan keadaannya [Ibn Athaillah]. Keadaan yang dimaksud adalah keadaan seseorang yang bersumber dari batinnya. Orang yang memiliki keadaan seperti itu pasti akan memancarkan pengaruh dirinya, tatapannya, guratan wajahnya, dan rahasia yang berasal dari seluruh keadaannya kepada orang yang duduk bersamanya meskipun ia tidak berbicara, memberi nasihat atau berdialog. [Tajul 'Arus: Ibn Athaillah]
Menurut Kyai Hamdani, “Jadi guru (di sekolah atau madrasah) harus punya Karomah. Jika tidak, muridnya tidak akan memperhatikan”. ‘Karomah’ ini, akan diperoleh manakala para pengajar, guru dan dosen, adalah pelaku dan peristiwa atas ilmu yang diajarkannya. Ilmu yang telah dilihat, didengar dipelajari, ditelaah, dibandingkan, dipraktekkan, dan diyaqini sebelum diajarkan. Ilmunya telah berada di ‘hati’, bukan dipikiran lagi.
Barangkali amat langka guru-guru dan dosen-dosen sekarang mencapai keadaan itu, karena umumnya kita para guru dan dosen disibukkan dengan ASU. Yaa.. ASU … Akreditasi, Sertifikasi, dan Uang!
Wallahu ‘alam bi ash shawab.

#hasil renungan petuah kyai Hamdani Bakran Adz Dzakiey (archa)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: